BLUD Puskesmas Pagedangan Tingkatkan Layanan Kesehatan

PAGEDANGAN – Menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas Pagedangan, kini pelayanan di puskesmas itu semakin ditingkatkan sehingga membuat masyarakat senang datang berobat ke puskesmas tersebut.

Peningkatan layanan itu seiring dengan bertambahnya para personel di puskesmas tersebut, termasuk peningkatan Tim PONED (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar) dari bidan-bidan desa yang telah diberi SK oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Selain itu secara kualitas layanan juga bertambah karena adanya On The Job Training (OJT) PONED oleh dr SP.OG dan dr SP.A, kata Hj Wirahayu SKM, Direktur Puskesmas BLUD Pagedangan, Selasa (8/8/2017).

Diakui dengan adanya OTJ oleh Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi yaitu dokter spesialis kebidanan dan dokter spesialis anak yang datang memberikan pelatihan kepada para petugas PONED, mampu memotivasi petugas untuk memberi pelayanan yang lebih baik lagi.

Pada akhirnya pelayanan yang meningkatkan ini dirasakan masyarakat dari 1 kelurahan dan 10 desa se-Kecamatan Pagedangan yang menjadi daerah binaan Puskesmas Pagedangan.

Ini bisa terlihat dari kunjungan pasien yang setiap bulannya mencapai lebih dari 500 orang dan ibu melahirkan di PONED di setiap bulannya mecapai 15-20 orang, papar Hj Wirahayu SKM.

Operasional PONED Puskemas Pagedangan sendiri, tambahnya, di setiap harinya selalu terkoneksi dalam kerja-sama dengan rumah sakit-rumah sakit besar sebagai rumah-sakir rujukan.

Serta puskesmas pun menerapkan program Bergandengan Tangan Menyelamatkan Ibu dan Bayi Baru Lahir di Kabupaten Tangerang yang secara praktis dapat memberikan kemudahan dalam memberikan fasilitas pelayanan rujukan persalinan.


Bagikan artikel ini