Ibu Negara Kunjungi Kampung Sejahtera di Desa Kohod

PAKUHAJI – Ibu Negara Hj Iriana Joko Widodo bersama Ibu Hj Mufidah Yusuf Kalla berkunjung ke Desa Kohod di Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, untuk melihat perkembangan desa itu yang dijadikan Proyek Percontohan Kampung Sejahtera, Rabu (2/8/2017).
Ibu negara datang didampingi Ketua PKK Propinsi Banten, Bupati Tangerang, Ketua Ketua PKK Kabupaten Tangerang, Camat Pakuhaji, para kepala desa dan lurah.
Berdasarkan kajian Universitas Gajah Mada, Desa Kohod diindifikasi mempunyai 6 masalah utama yang harus dientaskan, di antaranya legal kepemilikan tanah, perumahan dan kawasan permukiman, fasilitas umum dan fasilitas sosial, kelembagaan, sumberdaya serta sosial budaya. 
Penetapan terpilihnya Desa Kohod sendiri dilatar-belakangi beberapa potensi dimiliki desa ini yang belum tergali secara optimal, antara lain homografi usia penduduknya, produktif daerahnya sebagai pesisir yang memiliki sumberdaya hayati, sumber daya nonhayati dan sumberdaya buatan.
Lalu pontesi lainnya yaitu mulai digerakannya lembaga mikro unit desa seperti koperasi tingkat desa, budidaya dan pengolahan hasil sumberdaya laut yang memiliki kegiatan industri rumah-tangga yang dapat dikembangkan sebagai sentral industri pertanian dan perikanan sebagai mata pencarian andalan masyarakat, budidaya dan pengolahan hasil kebun, serta banyaknya perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pembuatan kapal wisata. 
Dari sinilah bila dioptimalkan pembinaannya, Desa Kohod bersama masyarakatnya akan terangkat dari sisi perekonomiannya, kesehatannya, pendidikannya, serta budaya dan sosialnya. 
Namun persoalan yang ada di Desa Kohod sangatlah komplek, sehingga diperlukan pendekatan pengentasan yang tidak bisa dilaksanakan secara parsial, tetapi harus koperhensif dan melibatkan multi sektor. 
Tercatat tidak kurang dari 14 kementerian, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Tangerang, serta unsur swasta yang terlibat dalam penataan Desa Kohod secara fisik maupun nonfisik.
Dalam pelaksanaannya, Oase Kabinet Kerja berperan dalam mendukung dan memonitor kegiatan kampung sejahtera ini. Kementerian dan lembaga mengalokasikan kegiatan dan anggaran sesuai tugas dan fungsi, pemerintah daerah menyusun masterplan pelaksanaannya dan mendelegasikan anggaraan program kampung di masing-masing SKPD.
H Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang, menjelaskan masterplan pembangunan tempat-tempat wisata di wilayah Kohod yang telah dibuat dalam waktu dekat akan segera diopersionalkan. 
Peran aktif dalam pembangunan kesehatan di wilayah Desa Kohod dilakukan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dengan melakukan pembinaan kepada para lansia, ibu hamil, anak-anak di sekolah dan posyandu. 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti MARS,  mengakui dengan adanya Program Kampung Sejahtera di Desa Kohod menjadikan desa ini lebih maju dan baik. 
Setahun lebih dinas kesehatan melakukan pembinaan kesehatan bersama para kader posyandu dengan membuka kelas ibu hamil, senam lansia, kegiatan imunisasi, membuka kelas dokcil di sekolah-sekolah dan beberapa kegiatan kesehatan lainnya untuk masyarakat. 
Diakui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, sebelumnya untuk melakukan pembinaan di sana agak sulit, namun setelah adanya program kampung sejahtera masyarakat menjadi lebih bisa memahami pentingnya kesehatan.
Bahkan lahan yang kosong sebelumnya kumuh kini dapat dimanfaatkan sebagai lahan produktif yang membantu penghasilan keluarga dengan menanam sayur-mayur, tanaman toga, dan budaya ikan, ungkap dr Desiriana Dinardianti MARS.


Bagikan artikel ini