SEKDA BUKA KLW DAN JAWARAH

Tigaraksa - Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsad membuka acara Karya Latih Wartawan (KLW) dan Deklarasi Jaringan Wartawan dan Masyarakat Anti Hoax (JAWARAH) digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang. Rabu, (19/07/2017).

Dedi Awaludin selaku Ketua Pelaksana menyampaikan laporannya dalam rangka sosialisasi Deklarasi Jaringan Wartawan dan Masyarakat Anti Hoax (JAWARAH) dan Karya Latih Wartawan (KLW) Tingkat Dasar Lanjutan, dengan bertujuan "Identifikasi berita hoax dan upaya menyajikan informasi yang berkualitas". Adapun peserta Jawarah anti Hoax sebanyak 200 orang dari kalangan Pelajar SMA dan umum, sedangkan KLW karya latih wartawan sebanyak 50 orang untuk wartawan Se-Tangerang raya dan banten.

Dedi juga mengungkapkan, diakhir kegiatan KLW, akan ditutup dengan deklarasi Jaringan Wartawan dan Masyarakat Anti Hoax (Jawarah).

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan, bahwa kegiatan KLW merupakan agenda rutin PWI dalam usahanya untuk meningkatkan kompetensi wartawan agar lebih profesional. kegiatan KLW tersebut, terbuka bagi wartawan di wilayah Tangerang Raya serta akan dirangkai dengan diskusi yang menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidang jurnalistik dan aspek yang berkaitan. 

Dalam meningkatkan pemahaman para peserta, sehingga kegiatan jurnalistik dan kode etik wartawan dalam menyebarluaskan informasi bisa dipahami oleh masyarakat luas. "Diharapkan dengan diadakannya acara ini dapat meningkatkan kompetensi wartawan agar lebih profesional," ujarnya.

Sekretaris Daerah Iskandar Mirsad menyampaikan sambutannya hubungan antara Pemerintah Daerah dengan wartawan/pers merupakan hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan. "Saya berharap agar kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang perkembangan pers saat ini khususnya di era otonomi daerah, hendak dapat saling bertukar pengalaman antar peserta," Ucapnya

Iskandar Mirsad menambahkan, Jawarah merupakan wadah yang berusaha menangkal penyebaran berita palsu atau hoax. "Untuk itu Saya berharap dengan kegiatan ini, masyarakat dapat terlindungi berkaitan dengan informasi menyesatkan dan masyarakat terdidik dan termotivasi oleh berita berkualitas yang disajikan wartawan, Agar Sebelum terjadi kita sudah mencegah secara dini, serta wartawan harus profesional dan saya yakin di media yang resmi tidak akan ada hoax," Harap Iskandar. (Vicco/Diskominfo).


Bagikan artikel ini