Dinkes Siap Gelar Pelatihan Seribu Hari Pertama Kehidupan

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mengagendakan dalam waktu dekat ini akan menggelar Pelatihan Seribu Hari Pertama Kehidupan kepada para kader puskesmas terpilih dari 5 kecamatan.

Kegiatan dilaksanakan Seksi Gizi pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang ini akan memberikan pelatihan kepada para kader puskesmas dari Kecamatan Balaraja, Kecamatan Mauk, Kecamatan Panongan, Kecamatan Jambe dan Kecamatan Gunung Kaler.

Kusnadi SKM MKM, Kepala Seksi Gizi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Senin (10/7/2017), mengutarakan sesuai rencana kegiatan akan berlangsung selama 3 hari yaitu pada 24-26 Juli di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa.

Kegiatan ini menindak-lanjuti program Kader Asuh Masa Emas (Kramas) yang sudah berjalan baik. Pada acara itu, nantinya masing-masing puskesmas pilihan dari 5 kecamatan akan menyertakan 5 kader yang ditunjuk. Setelah pelatihan, para kader ini diharapkan bisa menjadi contoh sekaligus tutor pada pelatihan sejenis di wilayah-wilayah lainnya.

Kusnadi menjelaskan kegiatan ini bertujuan membantu meningkatkan kesehatan para ibu hamil.

Dikatakan di setiap wilayah yang sudah melaksanakan program ini, pihaknya pun akan memonitor para kader puskesmas dalam memberi perbantuan kepada para ibu hamil, mulai dari rutin memeriksa kesehatan ibu hamil, mengecek tekanan darah, menggiatkan olahraga, serta memberi asupan makanan yang baik dan bergizi.

Dinas kesehatan akan pula memberikan anggaran makan bersama kepada para ibu hamil di setiap pekan sekali dalam kurun waktu 3 bulan, sebagai rangsangan agar para ibu hamil mengetahui pola makan yang memiliki gizi seimbang.

Dalam kegiatan makan bersama itu, papar Kusnadi, petugas kesehatan, petugas puskesmas dan ahli gizi akan mendampingi para ibu hamil sebagai pola memberi pengetahuan menu yang baik dalam masa pertumbuhan kehamilan.

Diharapkan pada akhirnya program ini akan bisa menekan angka kematian ibu dan anak di wilayah Kabupten Tangerang.


Bagikan artikel ini