Tim Banten Nilai Pengelolaan Toga RW 06 Kelurahan Kelapa Dua

KELAPA DUA – Tanaman Obat Keluarga (Toga) RW 06 Kelurahan Kelapa Dua terpilih menjadi duta Kabupaten Tangerang untuk mengikuti Lomba Toga dan Akupresure Tingkat Perkotaan Provinsi Banten.

Terkait itu pada Selasa (11/7/2017), toga RW inipun mendapat kunjungan Tim Penilai Lomba  Toga dan Akupresure Tingkat Perkotaan Provinsi Banten yang datang memberi penilaian secara langsung dan membuka dialog dengan pengelolanya.

Tim penilai dipimpin Koordinator Tim Penilai Lomba Toga dan Akupresure Tingkat Perkotaan Provinsi Banten, drg Dewi Sefia, dengan teliti melakukan penilaiannya, terutama pada tata-cara pembuatan herbal hasil pengembangan toga, semisal meneliti komposisi ramuan herbalnya.

Lalu, tim pun meminta para kader untuk melakukan praktik akupresure untuk mengetahui sejauhmana para kader dapat melakukan pengobatan dengan memanfaatkan pengembangan ramuan herbal.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dr Hj Dede Widyawati Mkes, berharap lomba ini dapat menarik masyarakat untuk mau melakukan penanaman toga di lingkungan rumahnya masing-masing.

“Hasil toga selain bisa dijadikan tanaman obat keluarga masyarakat, juga dapat diinovasi untuk memproduksi makanan atau minuman kesehatan. Bahkan dijual pun akan bisa meningkatkan perekonomian keluarga,” katanya.

Kegiatan pengelolaan toga sendiri, saat ini telah menjadi salah-satu program kerja puskesmas-puskesmas dalam membina kesehatan dan perekonomuan masyarakat.

Dinas kesehatan siap memberikan pelatihan dan pembinaannya kepada masyarakat melalui para petugas puskesmas.

Sementara Koordinator Tim Penilai Lomba Toga dan Akupresure Tingkat Perkotaan Provinsi Banten, drg Dewi Sefia, mengutarakan lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kelompok binaan toga di wilayah-wilayah se-Banten dalam pelaksanaan pengembangan tanaman obat keluarga di lingkungan-lingkungan maupun halaman-halaman rumah.

Pengembangnan toga dengan baik dan berinovasi akan mampu mengajak masyarakat untuk mampu membuat ramuan herbal dari toga yang ditanam di halaman rumah masing-masing.

Apalagi, papar Dewi, setiap kader toga sebelumnya pun telah mendapat pembinaan dari para petugas puskesmas, dinas kesehatan, serta intansi terkait lainya dalam cara membuat ramuan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan masyarakat.

Pada akhirnya, tim penilai terkesan dengan pengembangan Toga RW 06 Kelurahan Kelapa Dua di Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.


Bagikan artikel ini