Dinkes-Diperindag Bertekad Terus Lakukan Pembinaan Pangan Sehat

TIGARAKSA – Menjaga kesehatan pangan daerah, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang bertekad akan terus melakukan pengawasan berragam jenis jajajan, makanan, dan pangan.

Muji Harja S.Farm Apt, Kepala Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (8/6/2017), mengutarakan pengawasan ini dilakukan di banyak lokasi, semisal di kantin dan jajanan sekolah, pasar-pasar, dan pusat-pusat perbelanjaan.

Pengawasan yang dilakukan secara berkala ini di antaranya mengawasi dan mengecek ragam jajanan, makanan, dan pangan yang mengandung bahan terlarang yang bisa  mengganggu kesehatan masyarakat, semisal mengandung Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow. 

“Sehab itu kita lakukan pengawasan dan pengecekan secara berkala,” papar Muji. 

Diakuinya sampai saat ini masih ada saja pedagang nakal yang menggunakan campuran zat terlarang dalam barang dagangannya agar awet dan lebih menarik. Ini misalnya ditemukan saat digelarnya operasi pasar terkait stok dan kesehatan pangan sepekan lalu di Pasar Balaraja Baru Mas di Sentiong, Balaraja.

Sementara dr Hj Corah Usman, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, menambahkan dalam melakukan pengawasan pihaknya bersama tim bertekad akan terus melakukan pengawasan jajanan, makanan, dan pangan di banyak lokasi.

Pihaknya siap melakukan pembinaan kepada pedagang yang kedapatan menggunakan barang dagagannya dengan mencampurkan zat berbahaya itu. Selanjutnya, mengenai penanganan pelanggarannya akan dilakukan pihak kepolisian.


Bagikan artikel ini