Senam Massal 543 Lansia Warnai Peringatan HLUN XXII di Tigaraksa

TIGARAKSA – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) XXll Tahun 2017 dengan tema “Hidup Bermartabat Usia Senja, Lansia Sejahtera” di Lapangan Maulana Yudha Negara di Tigaraksa, Kamis (18/5), diwarnai gelar senam massal 543 lansia.

Para lansia itu datang sebagai perwakilan 44 puskesmas, pokjatap, dan kader PKK dari 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerng. Acara dibuka Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Setda Kabupaten Tangerang, Drs Heri Harianto.

Heri berharap para lansia bisa terus berkarya walau tiga aspek mendasar sudah mulai berkurang, yaitu aspek biologis, ekonomi dan sosiologis. “Oleh karena itu agar tetap eksis, lansia harus terus bergabung di tiap-tiap posbindu karena di sana bisa terus berkarya dan menumbuhkan keimanan.”

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Ni Wayan Manik K MKK selaku ketua penyelenggara, melaporkan kegiatan ini menggelar senam massal lansia dan seminar membahas kesejahteraan lansia dengan narasumber para ahali gayatri, kesehatan tulang, dan kesehatan dalam.

“Kegiatan inipun sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan di setiap tahunnya,” katanya. Adapun sumber dana dalam kegiatan ini dari APBD Kabupaten Tangerang dan sponsor.

Sekretaris Pokjatap Kesehatan Lansia Kabupaten Tangerang, dr Anita,  nenambahkan kegiatan tahunan ini sekaligus sebagai bahan evaluasi kegiatan lansia yang telah digelar selama ini.

Diakuinya dari jumlah lansia dan pralansia di Kabupaten Tangerang sebanyak 615.395 orang, namun yang terdaftar di 430 posbindu baru sekitar 7 persen. Sehingga masih banyak sekali  lansia yang belum bisa diajak dalam program kesehatan dan kesejahteraannya.

Terkait itu, ke masa depan tiap-tiap kecamatan bisa menambah jumlah posbindu karena wadah ini sangat diperlukan lansia untuk mendapat pembinaanya.

 

ef


Bagikan artikel ini