Puluhan Balita dan Masyarakat Dioperasi Bibir Sumbing Gratis

CURUG – Puluhan balita dan masyarakat kurang mampu dari 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang mendapat layanan operasi bibir sumbing gratis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerja-sama Yayasan Senyum Sehat dan Rumah Sakit Hermina Bitung di RS itu, 19-21 Mei 2017.

Balita dan masyarakat yang mengikuti operasi ini, sebelumnya didaftar dan skrining di hari pertama. Setelah sesuai persyaratan medis, di hari kedua dilaksanakan operasi bibir sumbingnya. Di hari ketiga dilakukan pengontrolan hasil operasinya.

Berdasar pendaftaran pasien dengan  model penjaringan dilakukan petugas di 44 puskesmas yang ada di 29 kecamatan se-Kabupaten Tangerang, tercatat sebanyak 45 pasien.

Kapala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Tradisional dan Komplementer, dr Mingki Sumihar Sihaloho, mengutarakan kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan dinkes di setiap tahun bekerja-sama rumah sakit dan yayasan terkait.

Target pengoperasian sesuai anggaran pemerintah untuk 25 pasien. Bila ada pasien lebih maka ditangani dengan biaya rumah sakit dan yayasan yang bekerja-sama dinkes.

Sementara dr Sri Diana Ginting Suka MARS, Direktur RS Hermina, mengaku senang diajak kerja-sama program ini karena bisa turut-serta mendukung program kesehatan masyarakat.

“Kehadiran RS Hermina Bitung di tengah-tengah masyarakat memang bertujuan membantu dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Dengan demikian kehadiran RS Hermina dapat bermanfaat buat masyarakat,” katanya.

 

ef


Bagikan artikel ini