BAZNAS SALURKAN ZIS

PANONGAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tangerang menyalurkan dana zakat, infak sodaqoh (ZIS) untuk wilayah Kabupaten Tangerang, di Gedung Islamic Center Citra Raya. Rabu, (09/05/2017).

Ketua Baznas Kabupaten Tangerang KH. Afif Afifi mengatakan, pemberian bantuan ZIS ini merupakan sariat islam yang harus kita laksanakan. Untuk pembagian ZIS ini merupakan sudah menjadi kegiatan rutin untuk 29 Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

"Insyaallah mudah-mudahan pada tahun-tahun berikutnya Baznas bisa memberikan kontribusi lebih dalam penyaluran ZIS dan tahun ini pun mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya," ujar Ketua Baznas.

Lanjut KH. Afif Afifi, masyarakat Kabupaten Tangerang ini masih banyak yang belum sadar akan membayar zakatnya atau infaqnya di Baznas, masyarakat masih banyak yang menyalurkan zakat, infaq, dan sodaqohnya secara langsung atau melalui badan dan institusi lain di luar Baznas sehingga dana ZIS yang terkumpul tidak bisa secara maksimal. Dijelaskan, bantuan dana ZIS yang diperuntukan bagi Masyarakat Kabupaten Tangerang ini antara lain diberikan kepada, duafa, Guru ngaji, Marbot masjid, Sarana keagamaan, dan beasiswa pelajar berprestasi yang tidak mampu. Proses pembagian ZIS sendiri setiap harinya akan dilakukan pembagian kepada 5 Kecamatan perharinya.

Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah mengatakan Pelaksanaan ibadah zakat bagi umat Islam, tidak berbeda dengan ibadah wajib lainnya, setelah memenuhi syarat sebagaimana ketentuan syari ah. Dengan demikian maka Zakat menjadi bagian yang tidak lepas dari kehidupan Umat Islam. Data statistik kependudukan di kabupaten Tangerang sendiri menunjukkan bahwa jumlah mayoritas penduduk kabupaten Tangerang adalah penganut agama Islam. Kondisi demikian tentunya berpengaruhterhadap kehidupan sosial di kabupaten Tangerang, sehingga secara langsung maupun tidak langsung, pelaksanaan ibadah zakat menjadi bagian yang tidak bisa terlepas dari kehidupan masyarakat di Kabupaten Tangerang. 

Eksistensi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tangerang menjadi sesuatu yang sangat penting, dalam arti menjadi lembaga yang dapat membantu umat Islam dalam menjalankan salah satu Ibadah wajib bagi yang sudah memenuhi ketentuan syariah. Di sisi lain dapat membantu mengangkat harkat martabat kaum dhuafa, dan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, dan membangun kesejahteraan masyarakat. 

"Saya atas nama pemerintah daerah Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih khususnya kepada pengurus Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tangerang atas kerja keras serta sumbangsihnya sehingga kegiatan penyaluran dana Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) ini dapat berjalan dengan baik, Tentunya saya berharap agar kegiatan penyaluran dana ZIS ini selain dapat berjalan dengan baik jugadapat terlaksana dengan tepat sasaran, sehingga apa yang menjadi harapan kita guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui penyaluran dana ZIS ini dapat tercapai sesuai dengan harapan kita semua,"Ucapnya. (Vicco-Redi/Diskominfo).


Bagikan artikel ini