Saung SBH Puskesmas Pasarkemis Jadi Lokasi Kunjungan Belajar PHBS

PASARKEMIS – Saung Saka Bakti Husada (SBH) di halaman belakang Puskesmas Pasarkemis kini berkembang menjadi lokasi belajar para murid SD, semisal yang dilakukan murid SD Alam Tangerang dengan kegiatan kunjungan edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Kegiatan yang dilaksanakan belum lama ini melibatkan 43 murid kelas 2 SD Alam Tangerang. Mereka melaksanakan kegiatan belajar dengan mendapat bimbingan para pembina SBH.

Para murid mendapat paparan mulai dari cara melakukan pengolahan sampah, pengenalan tanaman toga, pengenalan pohon sayur-mayur, pemanfaatannya dengan memperlihatkan kegiatan di saung, sampai mendapat binaan cara melakukan cuci tangan yang baik dan benar.

Kepala Puskesmas Pasarkemis, dr Hj Salwah, mengaku senang dengan kegiatan dewan guru yang mengajak para muridnya melakukan kunjungan belajar PHBS ke saung itu. Apalagi para murid pun terlihat dapat menikmati kegiatan dan dapat belajar lapangan di ruang terbuka hijau Saung SBH.

“Semoga setelah pulang dari kegiatan ini, para murid akan memiliki kesan yang baik dan bisa menyerap pengetahuan yang didapatnya,” katanya.

Kunjungan itupun, tambah dr Hj Salwah, memotivasi jajaran Puskesmas Pasarkemis untuk lebih meningkatkan kebersihan dan penataan lingkungan Saung SBH yang ada.

“Sebelumnya tidak terpikirkan akan merubah lahan tidur ini menjadi Saung SBH,” katanya. Namun berkat keuletan bersama ditandai di saat usai bekerja merapihkan lahan dan menanam sayur-mayur serta Tanaman TOGA (Tanaman Obat Keluarga), hasilnya memuaskan dan menjadi kebanggaan jajaran Puskesmas Pasarkemis.

 

8/5/17/ef


Bagikan artikel ini