Dinkes Layani Operasi Katarak Gratis Bagi Warga Kurang Mampu

TIGARAKSA – Lagi, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang di tahun 2017 memberi layanan operasi katarak gratis bagi warga kurang mampu. Kegiatan tahunan yang dilaksanakan 7-9 April 2017 bekerja-sama dengan RS Hermina Bitung.

Tercatat 110 warga mendapatkan layanan ini, yang masuk dalam program Pemkab Tangerang yang dilaksanakan dinas kesehatan di setiap tahunnya dalam dua tahap pelaksanaan. Para warga dilayani operasi di 5 bed yang disediakan RS.  

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Pemerintah, Tradisional, dan Komplementer pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Suminar  Sihaloho, Selasa (11/4/2017), mengutarakan layanan operasi katarak gratis di tahun ini dilakukan dalam dua tahap. 

Tahap pertama dilaksanakan pada kemarin, yaitu pada 7-9 April 2017, sedangkan tahap kedua akan dilaksanakan sekitar Bulan Oktober 2017.

“Kegiatan ini sudah beberapa kali dilaksanakan di setiap tahunnya, karena memang sudah menjadi agenda rutin, dengan sasaran penduduk miskin dan kurang mampu yang memiliki penyakit katarak yang berada di wilayah Kabupaten Tangerang,” papar dr. Suminar Sihaloho.

Pada pelaksanaan tahap pertama di tahun ini, tercatat 110 warga mendapat layanan operasi katarak gratis. Untuk penuntasan hasilnya, mereka setelah satu sampai dua minggu akan mendapat pengawasan pasca operasi berupa pemeriksaan kesehatan matanya oleh petugas puskesmas yang ada di wilayahnya masing-masing.

Bila ada kelainan dari hasil operasinya yang ditemukan, tambah Suminar, dengan cara itu maka akan bisa segera ditangani.

Diharapkan dengan kegiatan bakti-sosial ini, secara bertahap warga kurang mampu di Kabupaten Tangerang yang memiliki penyakit katarak bisa diobati, yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraannya

 


Bagikan artikel ini