971 PESERTA IKUTI SELEKSI CALON PASKIBRAKA TINGKAT KABUPATEN, PROVINSI DAN NASIONAL TAHUN 2017

Tigaraksa - Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata bersama PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Kabupaten Tangerang menggelar seleksi Calon Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) untuk Tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Seleksi Paskibraka tersebut diikuti sebanyak 971 Siswa Tingkat SMA Se-Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di Lapangan Maulana Yudha Negara. Senin, (27/03/2017).

Ketua PPI Kabupaten Tangerang Achmat Edi hartanto mengatakan seleksi Paskibraka tersebut sudah melalui beberapa tahapan administrasi dan persyaratan dari awal sejumlah 971 orang peserta, dan yang memenuhi kriteria sebanyak 325 peserta yang akan mengikuti seleksi tahap selanjutnya. 

Adapun beberapa macam tahapan seleksi yang harus diikuti para Calon Paskibraka Kabupaten, Provinsi dan Nasional, yaitu Tes tulis, Psikotes, Samapta (Fisik), Tes Kesehatan, Wawancara, Bakat dan Kesenian, dan PBB (Peraturan Baris-Berbaris).

"Mudah-mudahan prestasi yang telah diraih yaitu dengan mengirimkan utusan  Perwakilan dari Provinsi Banten yang berasal dari Kabupaten Tangerang untuk bertugas sebagai Paskibraka di Tingkat Nasional bisa dicapai kembali seperti yang pernah diraih pada Tahun 2013 sampai dengan Tahun 2015 secara berturut-turut," Ucapnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Kabupaten Tangerang H. Yani Sutisna mengucapkan selamat kepada para peserta Calon Paskibraka yang akan mengikuti serangkaian kegiatan seleksi untuk ketingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional untuk diwilayah kabupetan tangerang. Kegiatan ini bukan hanya ajang seleksi Paskibraka semata melainkan juga para peserta ditekan untuk mengetahui yang akan dilakukannya ini adalah darma bakti kepada Negara, tahu terhadap makna sebuah bendera, membangun patriotisme,   sehingga dalam rangka HUT RI itu mereka nantinya betul-betul bisa bagaimana mengisi kemerdekaan tersebut.

“Mudah-mudahan nanti peserta yang terpilih adalah memang putra-putri terbaik, bukan berarti yang lain tidak baik, karena setiap anak itu mempunyai karakter masing-masing, mudah-mudahan yang lain bisa muncul di bidang yang lainnya, dan bisa masuk sampai ke tingkat nasional, karena memang Kabupaten Tangerang itu tidak kalah dari Kabupaten-Kota lainnya," Ucapnya.

Salah satu peserta Rayhan Ontoseno Bremi asal sekolah SMA Adria Pratama Mulia (APM) Tigaraksa mengatakan ingin mengikuti Seleksi Paskibraka ini untuk mengharumkan nama baik Sekolah dan ingin mencari pengetahuan lebih tentang peraturan baris-berbaris.

"Saya bangga sekali bisa mengikuti seleksi Paskibraka, dan berharap bisa terus lolos ke tahap seleksi berikutnya, serta berkeinginan sekali untuk bisa menjadi Calon Paskibraka Nasional," Harapnya.


Bagikan artikel ini