WANITA SEBAGAI GARDA TERDEPAN SEBUAH GERAKAN MORAL PKK

Mengemban tugas suatu organisasi bukan lah hal yang mudah, dibutuhkan waktu, tenaga, pemikiran, dan juga anggaran yang mumpuni. Terlebih suatu organisasi Seperti Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tangerang yang harus membina kader di 246 Desa, 28 Kelurahan dan 29 Kecamatan yang ada di wilayahnya.
Dimulai dari keluarga, lingkup terkecil yang dapat mencetak generasi-generasi yang dapat dibanggakan oleh keluraga, masyarakat dan negara tercinta. Membangun masyarakat berkualitas dalam segi kesejahteraan  perekonomian, moral, dan tatanan keluarga yang harmonis.

"Ini sebuah gerakan moral yang harus terus ditanamkan kepada masyarakat, dimulai dari peranan wanita sebagai penggeraknya. dalam PKK semua diajari tatanan keluarga yang harmonis, mulai dari dapur menyiapkan gizi bagi anak-anak hingga etika berbangsa dan bermasyarakat," terang Yuli Zaki Iskandar Ketua TP PKK Kabupaten Tangerang di sela-sela kunjungan Bina Wilayah di Kecamatan Kresek.

Wilayah Kerja PKK Kabupaten Tangerang cukup luas, mulai dari wilayah perkotaan hingga wilayah perdesaan. Berbagai kendala terus dihadapi, mulai dari  Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), hingga masyarakat perkotaan dan industri. Pembangunan terus berkembang, peningkatan perekonomian terus bergulir, namun masih ada sebagian masyarakat yang belum siap dalam menghadapinya, faktor pendidikan, keterampilan menjadi permasalahan untuk menggali potensi di wilayah.

" kendala pasti ada, kita terus berupaya untuk tidak menyerah mulai dari Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga (UP2K), pemberian bantuan untuk asupan Gizi balita, dan membina masyarakat dalam perkoperasian," ujar Yuli Zaki Iskandar yang terus memberikan motivasi kader-kader PKK tanpa pamrih."

Dalam TP PKK semua beracuan kepada 10 program pokok PKK,  Setelah itu dibagi kedalam Kelompok Kerja (Pokja), Pokja I membidangi Penghayatan, Pengamalan Pancasila dan gotong royong, Pokja II Pendidikan, Keterampilan dan pengembangan kehidupan berkoperasi, Pokja III pangan, sandang, Perumahan dan Tata laksana Rumah Tangga, Pokja IV kesehatan, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. 

Yuli Zaki Iskandar cukup senang berkunjung kepada masyarakat, mulai dari perdesaan di Kecamatan Mekar baru hingga masyarakat perkotaan dikecamatan Kelapa dua, bertemu anak-anak Paud, senam bersama ibu-ibu lanjut usia (Lansia), hingga meninjau kebun dan memanen jagung disana.

" disini berjuta potensi, mulai dari tanah yang subur hamparan sawah yang hijau semua ada disini, semua harus bersyukur menikmati karunia Allah," ucap Yuli mengucap syukur. (Skj)


Bagikan artikel ini