ZAKI LAKUKAN PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN INTAKE PDAM

TELUKNAGA -- Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar lakukan ground breaking pembangunan intake 200 liter/detik dan IPA(Instalasi Pengolahan Air Bersih) beton 100 liter/detik di Bojong Renged Cabang Teluknaga. Jumat, (23/12/16).

 

Rusdy Machmud mengatakan, PDAM TKR Kab Tangerang menargetkan sampai tahun 2018 sesuai RJPMD yang telah dicanangkan oleh Bupati Tangerang untuk menambah sekitar 50 ribu sampai 80 ribu pelanggan baru di wilayah kabupaten Tangerang dan sekitarnya yang belum terjangkau pasokan air bersih. Ground Breaking ini bertujuan untuk meresmikan dimula pembangunan Intake kapasitas 200 liter/detik dan Instalasi Pengolahan Air Bersih(IPA)  kapasitas 100 liter/detik di Bojong Renged Cabang Teluknaga.

 

"Di Bojong Renged sendiri telah ada IPA eksisting kapasitas 2 x 50 liter/detik yang saat ini melayani kurang lebih 8.000 sambungan langganan di wilayah kecamatan Teluknaga dan Kosambi serta sebagian wilayah Cituis, sementara masih banyak masyarakat di wilayah kecamatan tersebut yang membutuhkan air bersih." ucap Rusdy.

 

Tambah Rusdy, Pembangunan intake dan lPA ini untuk menambah cakupan pelanggan sebanyak kurang lebih 10.000 sampai dengan 13.000 sambungan langganan di wilayah kecamatan Teluknaga,  kecamatan Kosambi dan Kecamatan Pakuhaji serta untuk melayani Kampung OASE KK(Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja)  di desa Kohod yang telah dicanangkan Pemerintah Pusat sebagai percontohan Kampung Layak Huni.

 

Bupati Tangerang Zaki Iskandar mengatakan, Ia sangat bersyukur, bahwa salah satu upaya pemerintah daerah dalam memberikan layanan air bersih bagi masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah sedikit demi sedikit sudah mulai terealisasi, diawali dengan pemasangan sambungan langganan bagi 3000 (Tiga Ribu) pelanggan yang tersebar di 3 (Tiga) Kecamatan yaitu Cisauk, Rajeg, dan Kecamatan Mauk yang sudah dimulai pada Tahun 2014 lalu.

 

"Alhamdulillah pada hari ini kita bersama-sama untuk melaksanakan Ground Breaking Pembangunan Intake dengan Kapasitas 200 Liter/detik dan IPA beton dengan kapasitas 100 liter per/detik yang sebentar lagi akan kita resmikan pembangunannya. Insya Allah Intake dan IPA Teluknaga ini akan mampu melayani kebutuhan masyarakat akan air bersih di wilayah Kecamatan Teluknaga, Kecamatan Kosambi, Kecamatan Pakuhaji," tutur Zaki.

 

Tambah Zaki, insya Allah pembangunan Intake dan IPA Beton ini akan menjawab kebutuhan masyarakat akan ketersediaan air bersih di wilayah Teluknaga dan sekitarnya. Ke depan saya berharap Instalasi Pengolahan Air minum serupa juga dapat dibangun di beberapa titik di wilayah Kabupaten Tangerang sehingga target pemenuhan layanan air bersih bagi masyarakat pada Tahun 2018 mendatang dapat kita capai bersama.

 

Sementara itu, Direktur Pengembangan SPAM Dirjen Cipta Karya Kementeriaan PUPR Muhammad Natsir mengungkapkan kegembiraannya atas apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang Atas komitmen dan inisiatifnya Ini merupakan hal baru bagi kami, karena seharusnya ini tugas dari pusat tapi pemerintah Kabupaten Tangerang melakukan hal yang luar biasa.

 

"Saya sangat mengapresiasi sekali apa yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Tangerang atas inisiasi ini saya harap ini semua bisa terus dilanjutkan dan diteruskan," pinta Nasir. (kwkw-herly-redi/HMS)


Bagikan artikel ini