Program Prolanis Rutin Dilaksanakan Puskesmas Cikuya

SOLEAR – Membantu menjaga kesehatan lansia dan warga  berpenyakit kronis, Puskesmas Cikuya rutin sebulan sekali menggelar Kegiatan Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis).
Kegiatan yang digelar pada setiap hari Sabtu pada pekan ketiga di setiap bulannya ini sampai di awal tahun 2017 aktif diikuti para lansia dan warga berpenyakit kronis..
Kepala Puskesmas Cikuya, drg Eko Hartati, Selasa (24/1/2017), mengakui dalam kegiatan ini para peserta akan mengikuti Senam Prolanis yang mampu mendorong untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Lalu, peserta pun mendapat pemeriksaan kesehatan dan mendengarkan paparan ahli dalam menjaga kesehatannya.
“Dengan mengikuti kegiatan prolanis, para peserta baik lansia maupun penyandang penyakit kronis akan dapat mencapai kualitas hidupnya secara optimal,” katanya.
Terkait itu, maka puskesmas mengajak lansia dan penyandang penyakit kronis untuk mengikuti program prolanis sejak dini, sebelum tubuh terkena penyakit yang menjadi akut sehingga merugikan diri sendiri. “Peliharalah Sehatmu Sebelum Datang Sakitmu!”
Program Prolanis adalah salah-satu sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan kepada masyarakat secara proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan para lansia dan pasien penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi).
Peserta sebelum dan sesudah mengikuti senam akan diminta melakukan pemeriksaan kesehatannya. Setelah itu digelar penyuluhan kesehatan di antaranya pengenalan dan pencegahan penyakit kronis yang biasa menghinggapi warga, khususnya lansia.
Bila dianggap perlu, maka peserta yang dinilai perlu pengobatan akan ditangani puskesmas. Bila butuh perawatan lanjutan akan dirujuk ke RS rujukan memalui program BPJS Kesehatan maupun layanan kesehatan daerah.


Bagikan artikel ini