PEMKAB TANGERANG BEKERJASAMA DENGAN UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Jakarta - Dalam rangka pemberdayaan dan pengembangan masyarakat Pemerintah Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar dan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada menandatangani MOU yang dilaksanakan di Ruang Kerja Rektor UIN Syarif Jakarta-Ciputat. Jum'at, (27/01/2017).

Program pemberian pelatihan dan peningkatan kemampuan masyarakat menghadapi dunia yang semakin maju dan berkembang. Bahwa di berbagai macam sektor pendidikan, ekonomi, Ilmu pengetahuan dan lainnya. Dalam hal ini seperti Universitas, Yayasan Pendidikan, Perguruan Tinggi, maupun Sekolah Tinggi Kejuruan memiliki sumber daya keahlian yang sangat besar yang bisa diimplementasikan secara konkret dalam mengatasi persoalan daerah.

Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Dede Rosyada mengatakan kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas SDM masyarakat Kabupaten Tangerang melalui berbagai program pemberdayaan, 60 persen untuk pihak pesantren dan 40 persen ke bersifat umum dan tentunya khusus untuk masyarakat yg tidak mampu.

Program yang di giatkan sesuai kapasitas kita diantaranya Teknologi informasi, bisnis dan akuntansi. Keahlian yang di khususkan dibidang sosial keagamaan, dan selain itu membuat program (Head Sains) sebuah lingkungan yang sehat.

“Aksinya itu membuat program-program untuk masyarakat di lapis bawah yakni tingkat kelurahan/ Desa, MoU ini dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara UIN dan BAPPEDA agar langsung ditindaklanjuti programnya,” Ucapnya.

Lanjut Dede, nantinya akan dirancang program bersama antara BAPPEDA dan UIN dalam rancangan program nanti akan dibahas tugas UIN dan tugas BAPPEDA. Semuanya terkait dengan masyarakat di tingkat Kelurahan/ Desa.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Perguruan Tinggi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta yang secara responsif telah menyambut program kerjasama yang telah disampaikan untuk membantu program Pemerintah Daerah guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya diwilayah Kabupaten Tangerang. 

Dalam hal ini sebelumnya telah melakukan beberapa kali penyamaan persepsi serta visi dan misi, dan syukur Alhamdulillah pada hari ini kita sama-sama akan memformalkan langkah kerja tersebut agar kedepannya segala bentuk harapan serta tujuan daripada MOU ini dapat terlaksana dengan baik.

"Saya berharap dengan adanya kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Perguruan Tinggi ini, diharapkan dapat menjadi solusi dan juga dapat menjadi alih pengetahuan dalam hal upaya meningkatkan dan memupuk hubungan kelembagaan dalam rangka Pendidikan, Pelatihan dan Pengabdian kepada masyarakat, Publikasi dan implementasi karya ilmiah, Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik dan Pengembangan Ekonomi khususnya di wilayah. Kabupaten Tangerang," Ucapnya.

Lanjut Zaki, kita mengharapkan dengan melalui kerjasama ini nantinya akan lahir konsep-konsep yang mampu mengangkat citra yang positif sesuai dengan program yang telah dirumuskan sehingga mampu meningkatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat. Semoga dengan adanya kerjasama ini, akan lebih meningkatkan lagi kualitas pembangunan yang kita lakukan. Sehingga segala bentuk upaya yang kita lakukan dapat menyentuh langsung kepada kebutuhan yang paling mendasar bagi masyarakat Kabupaten Tangerang. (Vicco-Redi/Diskominfo).


Bagikan artikel ini