Puskesmas Binong-Mahasiswa Data 9.700-an Keluarga Sehat

CURUG -  Puskesmas Binong bekerja-sama dengan Kader PKK dan Mahasiswa Kesehatan Universitas Pelita Harapan (UPH) Karawaci melakukan pendataan Keluarga Sehat di wilayah kerja Puskesmas Binong.

Pendataan dilakukan kepada 9.700-an KK dari 18 RW dengan efektifitas kegiatan pendataan yang dibagi ke dalam 3 gelombang pendataan. Gelombang pertama, dilaksanakan 9 Januari - 10 Pebuari dengan jumlah 89 mahasiswa  yang terlibat mendata 3.200-an KK di 6 RW.

Gelombang kedua, dilaksanakan pada 10 April - 28 Mei dengan jumlah 54 mahasiswa mendata 2.700-an KK di 6 RW. Gelombang ketiga dilaksanakan pada 26 Juni - 28 Juli dengan jumlah 109 mahasiswa mendata 3.600-an KK di 6 RW.

Yani Maryani, Perawat Puskesmas Binong yang menjadi Pemegang Program Pendataan Keluarga Sehat, Sabtu (14/1/2017), mengutarakan program yang kini sedang dijalankan bersama mahasiswa, kader PKK dan RT-RW bertujuan untuk mendapatkan data ril kesehatan masyarakat.

Kebetulan program inipun berkaitan dengan tugas para mahasiswa untuk nantinya menjadi bahan observasi dan makalah mereka. Setiap rumah yang telah didatapun akan ditempeli stiker keluarga sehat, termasuk catatan data ibu hamil dan kasus DBD.

“Data ini penting untuk menjadi pantauan para kader ke depan terhadap kesehatan masyarakat,” katanya.


Bagikan artikel ini