Cegah Komplikasi Kronis, Puskesmas Kosambi Gelar Program Prolanis

KOSAMBI – Memantau kesehatan pasien peserta BPJS dan masyarakat pengidap penyakit kronis semisal DM atau hipertensi, Petugas Kesehatan Puskesmas Kosambil mengajak para pasien untuk bergabung dalam Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

Program ini mengajak peserta untuk rajin mengikuti senam, pemeriksaan tekanan darah, dan penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan secara rutin di setiap Kamis pada awal bulan di Aula Puskesmas Kosambi.

Selama ini, program yang dilaksanakan mampu menyedot kedatangan sedikitnya 25 peserta BPJS. Selanjutnya diharapkan peserta BPJS dan masyarakat lainnya bisa mengikuti program ini karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah komplikasi dari penyakit kronisnya.

Mungkin masih banyak yang belum memahami maksud dari kegiatan Prolanis sehingga masih banyak yang belum mengikutinya. Oleh karena itu, para petugas kesehatan bertekad akan terus melakukan sosialisasinya kepada masyarakat bersama dengan para peserta BPJS yang sudah mengikuti kegiatan ini.

Kepala Puskesmas Kosambi, dr Hendra Tarmizi, menjelaskan program ini dilaksanakan sebagai upaya pihaknya melakukan pencegahan penderita penyakit kronis agar tidak mengalami komplikasi lanjutan. Sebab penyakit DM atau hipertensi adalah jenis penyakit yang banyak diidap mayarakat.

Diharapkan dengan peserta BPJS dan masyarakat mengikuti kegiatan Prolanis secara rutin akan dapat mengontrol penyakit kronisnya. Sebab dalam setiap pelaksanaan kegiatan ini, juga dilakukan pemeriksaan fisik, pengukuran TB, BB, GDP, TD, dan denyut nadi.

Lalu petugas pun akan memberi penjelasan mengenai konsumsi makan nasi, penyuluhan DM, penyuluhan HT, serta melakukan kegiatan senam.


Bagikan artikel ini