Panen Udang Vanname sistem BUSMETIK di Kecamatan Kronjo Kabupaten Tangerang

Panen udang Vanname di Kelompok Mina Gracilaria Insani Desa Kronjo Kecamatan Kronjo pada 28 Oktober 2016 merupakan awal budidaya perikanan dengan sistem Budidaya Udang Skala Mini Empang Plastik (BUSMETIK) di Kabupaten Tangerang dengan mengadopsi dari Teknologi Busmetik hasil kajian empiris sejak akhir tahun 2009, yang dilakukan oleh civitas akademika Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Karang Antu Serang, Propinsi Banten.

 

Hasil panen dengan ukuran 70ekor /Kg menghasilkan 800 Kg (Perhitungannya sekitar 1,2 Ton) Udang Vanname di lahan 1000m² dan dengan padat tebar 100.000 ekor udang vanname. Namun dengan demikian POKDAKAN Mina Gracillaria Insani tersebut menghasilkan keuntungan yang dapat memutar kegiatan Budidayanya.

Melalui gambaran diatas Dinas Perikanan dan Kelautan melalui program GERBANG MAPAN yang dicanangkan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dapat memutar roda perekonomian masyarakat khususnya Perikanan budidaya.  Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tangerang mencanangkan BUSMETIK karena dinilai banyak keuntungan, pembudidaya tidak mesti memiliki lahan besar guna kegiatannya, cukup dengan 600 m² dapat melaksanakan budidaya, keuntungan lainnya dari teknologi Busmetik, antara lain biaya murah sehingga terjangkau oleh petambak kecil dan menengah. (rn/rns)