Dinkes Dampingi BPOM Gerebek 3 Gudang Kosmetik Ilegal

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mendampingi Petugas Balai POM Serang, Kepolisian Daerah Banten, dan Kepolisian Sektor Balaraja menggerebeg tiga gudang penyimpanan barang kosmetik dan obat tradisional ilegal di Kawasan Pergudangan Surya Balaraja, 6-7 Agustus 2018.

Tiga gudang tersebut letaknya terpisah yaitu di Blok H-19, H-36 dan I-19. Dari ketiga gudang tersebut, patugas menemukan bahan-baku berupa bahan dasar krim, kemasan primer produk, produk jadi ilegal dan kadaluarsa, serta produk jadi obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat (BKO).

Dude Sadwaludin, Seksi Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan pada Dinkes Kabupaten Tangerang, yang mengikuti penggrebekan gudang, menjelaskan penemuan ini hasil pengembangan BPOM RI dari kasus temuan kosmetik ilegal di DKI Jakarta, yang berada di Kapuk Muara Jakarta Utara.

Ternyata produk yang didapat sama dengan yang di Kapuk Muara. Untuk itu Balai POM akan terus mengungkap kasus ini baik di wilayah Kabupaten Tangerang maupun Provinsi Banten.

Diakui Dude Sadwaludin, pada saat penggerebekan para petugas tidak mendapatkan pemiliknya, maka dengan disaksikan pengelola pergudangan dilakukan pembongkaran paksa kunci gudang.

Adapun beberapa merek produk yang ditemukan dalam gudang itu, di antaranya Temulawak Two Way Cake, New Papaya Whitening Soap, Collagen Plus, NYX Pensil Alis, MAC Pensil Alis, Revlon Pensil Alis, Pi Kang Shuang, Fluocinamide Ointment, dan Gingseng Royal Jelly Merah  ucapnya

Sementara dr Hj Corah Usman, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, sepakat dengan Balai POM untuk menindak tegas para pelaku usaha yang melanggar ketentuan dan merugikan kesehatan masyarakat, serta merugikan perekonomian bangsa ini.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini