Ibu Hamil Diajak Cegah Cacad Bayi Sejak Kandungan

TIGARAKSA – Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menangani 100 Hari Pertama Melahirkan di antaranya bertujuan untuk mengurangi angka kematian bayi baru lahir dan ibu melahirkan, serta bayi cacad lahir selain faktor genetik.

Semisal keprihatinan masih ditemukannya bayi baru lahir dengan kondisi bibir sumbing. Kondisi ini disebabkan beberapa faktor, yaitu faktor keturunan/genetik, kekurangan nutrisi, dan kelahiran tidak diinginkan dengan si ibu hamil meminum obat-obatan atau jamu yang dilarang sehingga menyebabkan cacad pada bayi selagi dalam kandungan.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga pada Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hj Sri Indriyani, Selasa (31/7/2018), menjelaskan sebenarnya Pemkab Tangerang bersama jajaran dinas kesehatan telah berupaya menangani kesehatan masyarakat, mulai dari bayi akan dilahirkan hingga manusia lansia.

“Namun ternyata masih ditemukan adanya kecacadan pada bayi saat dilahirkan…” katanya. Faktor penyebabnya di antaranya tiga faktor disebutkan di atas.

Terkait itu, diperlukan perhatian yang baik dari si ibu hamil untuk menjaga nutrisi kandungannya dan jangan meminum obat-obatan atau jamu yang diragukan khasiatnya.

Khusus dalam menjaga kesehatan remaja putri, papar dr Hj Sri Indriyani, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang sudah memulainya sejak wanita usia subur duduk di bangku SMA dengan pemberian obat tambah darah agar mereka tidak mengidap penyakit anemia.

Selanjutnya setiap calon pengantin yang akan menikah pun diwajibkan menyertakan surat keterangan telah mendapat pemerikaan kesehatan. Lainnya, petugas dinas kesehatan rajin memberikan arahan dan pembinaan kepada calon ibu agar dapat mempersiapkan kehamilannya dengan terencana, menjaga dan memberikan nutrisi kehamilannya sesuai arahan, serta melakukan pemeriksaan kehamilannya secara rutin sesuai standar peraturan.

Dengan semua hal ini seyogyanya di wilayah Kabupaten Tangerang sudah bisa diturunkan angka kecacadan bayi lahir di luar faktor genetik

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang siap terus berupaya melalui puskesmas-puskesmas membuka kelas ibu hamil sebagai wadah pembinaan kesehatan para ibu hamil dan kandungannya, sehingga masalah kecacadan bayi sejak lahir bisa diminimalisir, pungkas dr Hj Sri Indriyani.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini