Dinkes-P2TP2A Gelar Sosialisasi dan Advokasi KDRT

TIGARAKSA – Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bekerjasama Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Tangerang mengadakan Sosialisasi dan Advokasi Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan  Dalam Rumah Tangga.

Sosialisasi ini dilangsungkan di Gedung Arsip di Komplek Perkantoran Kabupaten Tangerang di Tigaraksa, akhir Juli 2018. Pesertanya para Pemegang Program P2A di Puskesmas-puskesmas se-Kabupaten Tangerang. Pemberi materi Heny Kurniwati, Reskrim Polres Tigaraksa, Deden Somatri, DP3A, dan Mikaela Berliyana, psikolog. 

Mochamad Bachtiar SKM, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, mengutarakan sosialisasi ini sebagai salah-satu pendukungan atas pelaksanaan program pemerintah dalam mengatasi permasalahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang seringkali berujung pada gangguan jiwa.

“Dengan adanya P2TP2A diharapkan para petugas kesehatan di puskesmas-puskesmas bila menemukan pasien yang mengalami KDRT, bukan hanya memberikan pengobatannya saja, tetapi juga bisa memberikan arahan pasien mengadu ke P2TP2A yang ada di tiap-tiap kecamatan agar mendapat bantuan dan arahan dari para petugas di sana,” katanya.

Selain itu, siap pula diprogramkan dalam waktu dekat ini, “kami akan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar para siswa juga paham bila mendapatkan perlakuan dan kekerasan yang sebenarnya mereka bisa mendapat perlindungan hukumnya.”

Ditambahkan Mochamad Bachtiar SKM, pihaknya juga akan membawa seorang psikolog yang akan memberikan arahan secara mental kepada para pelajar bila mereka mengalami permasalahan kekerasan yang bisa menimbulkan traumatik.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini