Rombongan Texas Woman’s Kagum Pengobatan Murah

CURUG – Rombongan tamu luar negeri yaitu 28 mahasiswa, 4 dosen, dan 1 dokter spesialis kebidanan (obgyn) Texas Woman’s University College Of Nursing dibuat kagum dengan pemberian layanan kesehatan murah dan gratis yang diterapkan Pemkab Tangerang.

Kekaguman itu terungkap saat rombongan tamu itu mendapat penjelasan program layanan kesehatan murah dan gratis tersebut dr Qotrum Nada, Kepala Puskesmas Binong, saat rombongan itu melakukan studi banding  ke Puskesmas Binong, Selasa (17/7/2018).

Dituturkan pimpinan rombongan, layanan kesehatan masyarakat serupa itu tidak ada di Texas, Amerika Serikat. Di negaranya untuk pengobatan harganya cukup mahal.

Kepala Puskesmas Binong memang saat ditanya tamu, sempat menjelaskan kebijakan Pemkab Tangerang dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

“Saya jelaskan bahwa kebijakan Pemkab Tangerang dalam memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas, biayanya pendaftaran hanya Rp 3.000, ini bagi pasien yang tidak memiliki Jaminan Kartu Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional,” katanya.

Lalu setiap pasien yang sudah mendaftar akan mendapat layanan pemeriksaan oleh dokter untuk pengobatan dan mendapat obat secara gratis yang dibiayai ditanggung pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

“Rupanya kebijakan ini membuat kagum mereka…” ungkap dr Qotrum Nada.

Lebih lanjut dijelaskan kepala puskesmas kepada tamu, pihaknya pun telah memiliki kerja-sama yang baik dengan Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan UPH Karawaci sejak tahun 2016, yang menjadi salah-satu lokasi kunjungan rombongan dari Texas itu.

Kerja-sama ini, ungkap dr Qotrum Nada, terbukti sangat membantu puskesmas, di antaranya meringankan tugas-tugas melakukan pendataan dan pemeriksaan kesehatan masyarakat.

Dijelaskan pula wilayah Kelurahan Binong sendiri memiliki luas 461 Km2 dengan jumlah 22 RW dan 200 RT, serta jumlah penduduknya mencapai 74.009 jiwa. “Dengan adanya bantuan para mahasiswa, kami menjadi sangat terbantu,” ucapnya.

Terkait kunjungan tamu luar-negeri, dituturkannya, jajaran Puskesmas Binong merasa senang karena dapat bertukar pengalaman serta memberikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini