Penjabat Bupati Dukung Pencanangan Zona Integritas di Polresta Tangerang

Tigaraksa - Pemerintah Kabupaten Tangerang mendukung langkah Polresta Tangerang membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih & Melayani (WBBM). Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Dr. Komarudin, MAP pada saat pencanangan Zona Integritas Polresta Tangerang, di Mapolresta, Tigaraksa, Senin (25/6/2018).

“Sebagai mitra Polresta Tangerang, kami mendukung upaya ini. Pada prinsipnya, Zona Integritas merupakan tidak lanjut dari Peraturan Menteri PANRB No.52/2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK & WBBM yang ditujukan untuk membangun dan mengimplementasikan program reformasi birokrasi di tingkat unit kerja di lingkungan pemerintah,” kata komarudin, sesaat setelah penandatanganan dukungan dari pihak eksternal.

Tujuan dari Zona Integritas ini, tambah Komarudin, adalah menumbuh-kembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik, memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja.

“Jadi, Zona Integritas itu semacam predikat yang disematkan kepada instansi pemerintah yang bisa menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, serta mampu meningkatkan kepercayaan publik,” jelas Komarudin.

Pemerintah Kabupaten Tangerang sendiri mengakui sedari awal sudah memasukan Zona Integritas dalam rencana pelaksanan program refomasi birokrasi 2015-2019.

“Dalam Buku Road Map Reformasi Birokrasi Kabupaten Tangerang yang di-launching tahun 2015, penerapan zona integritas sudah masuk dalam program penguatan peraturan pengawasan. Bahkan di buku Road Map itu, kita rencanakan juga membentuk tunas integritas di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Jadi, sejujurnya, apa yang dilakukan oleh Polresta Tangerang menjadi pemantik (trigger) kita untuk mulai serius membangun Zona Integritas di masing-masing OPD secara bertahap,” tandas Komarudin.

Pada kesempatan yang sama, Kapolresta Tangerang, Kombes Pol. Sabilul Alif mengatakan bahwa pencanangan Zona Integritas untuk memantapkan tekad dan komitmen mereka dalam rangka mengawal serta mensukseskan program reformasi birokrasi, demi tercapainya tata kelola pemerintahan bersih, efisien dan melayani masyarakat.

Selain itu, menurut Kombes Pol. Sabilul Alif, pembangunan Zona Integritas ini tentunya dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional.

"Kami berharap Zona Integritas di Polresta Tangerang ini dapat membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, serta berkualitas untuk mencapai keberhasilan pembangunan nasional," tegasnya.
 
Seperti diketahui, pencanangan Zona Integritas ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Tangerang Dr. Komarudin, MAP, perwakilan Kemenpan RB, Ombudsman, Kompolnas, KPK, serta instansi terkait lainnya. Acara ditutup dengan penandatangan piagam pencanangan Zona Integritas dan penandatangan dukungan dari pihak eksternal. (Infokom/TRM)


Bagikan artikel ini