Usai Apel Di Hari Pertama Kerja, PJ Bupati Sidak Kehadiran ASN dan Pelayanan Publik

Tigaraksa-Penjabat Bupati Tangerang Dr. Komarudin, MAP didampingi Sekda Moch. Maesyal Rasyid melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait kehadiran Aparatur Sipil Negara dan proses pelayanan publik di Disdukcapil serta DPMPTSP seusai melaksanakan apel upacara pada hari pertama kerja, Kamis (21/6/2018). 

“Tadi setelah apel, kita periksa satu persatu ASN sesuai daftar hadir yang telah ditandatangani. Hal ini untuk menghindari ada pegawai yang nitip tanda tangan pada teman sejawatnya. Hasilnya, jumlah yang hadir ternyata cocok dengan nama di daftar absensi,” kata Komarudin.

Menurut Komarudin, dari sisi jumlah kehadiran pegawai pada hari pertama kerja usai cuti lebaran terbilang memuaskan karena hampir mendekati 100 persen dari total 12.000-an pegawai.

“Kita apresiasi ASN yang hadir di hari ini, semoga kedepan etos kerjanya bisa lebih ditingkatkan. Bagi pegawai yang bolos kerja tanpa keterangan, mereka akan kita kenakan sanksi. Hal ini untuk penegakan disiplin pegawai,” tegas Komar.

Seusai mengecek kehadiran ASN, Komarudin melakukan sidak ke dua kantor pelayanan publik, yaitu Disdukcapil dan DPMTPSP. Saat tiba di Kantor Disdukcapil, Komarudin melihat langsung proses pelayanan publik menyangkut administrasi kependudukan dan berbincang dengan beberapa warga yang sedang mengurus dokumen.

“Saya cek kursi di front office pelayanan semua terisi. Mereka juga terlihat sigap melayani masyarakat. Dari obrolan dengan 1-2 orang warga, mereka juga cukup puas dan berharap urusannya lebih dipermudah sesuai SOP yang ada,” ujar Komar.

Sidak berikutnya ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Dari pengecekan yang dilakukan, semua pegawai pelayanan sudah masuk kerja.

“Saya dan Pak Sekda selalu berpesan pada pegawai agar tingkatkan displin kerja. Pangkas jalur perijinan yang berbelit. Hapuskan pungli (pungutan liar). Sama-sama kita wujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi di Kabupaten Tangerang,” tutup Komarudin.


Bagikan artikel ini