Pusat-Daerah Sinergi Wujudkan Universal Health Coverage

TIGARAKSA – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang memberikan rembesan program kegiatan kesehatan dalam menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) Jangka Pendek, Jangka Menengah dan Jangka Panjang dalam Pembangunan Kesehatan Wilayah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Desiriana Dinardianti MARS, Rabu (7/3/2018), merembeskan hasil Rapat Kerja Kesehatan Nasional  2018 pada 5-8 Maret di ICE BSD Tangerang  bahwa tema besar yang diangkat dalam rakernas adalah Sinergisme Pusat dan Daerah dalam Mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) melalui 3 Topik Peningkatan Kegiatan.

Ketiga topik itu adalah Percepatan Eliminasi Tuberkulosis, Penurunan Stunting, dan Peningkatan Cakupan serta Mutu Imunisasi. Ketiga topik dalam UHC inilah yang menjadi landasan penyusunan RAD Kesehatan Wilayah.

Diungkapkan dr Desiriana Dinardianti MARS, Menteri Kesehatan RI menekankan bahwa pilihan tiga topik tersebut dilatar-belakangi oleh berbagai persoalan kesehatan, terutama mempertimbangkan potensi kasus. Jika tidak ada kasusnya, maka perlu diantisipasi guna menghindari terjadinya resiko peningkatan atau penyebaran penyakit ke tempat lain.

Untuk itu dengan adanya kegiatan kesehatan lingkungan melalui pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) di wilayah Kabupaten Tangrang, yang saat ini sedang dilakukan puskesmas-puskesmas, sangatlah membantu dalam proses melakukan pengawasan status kesehatan keluarga.

Ini sangat berkorelasi dalam mempersiapkan generasi yang akan lahir di masa mendatang, yaitu generasi dengan status kesehatannya yang lebih baik, tumbuh-kembangnya dapat secara optimal, serta dapat terlindungi dari berbagai penyakit infeksi yang bisa membahayakan atau mengancam jiwa.

Selain itu, para petugas kesehatan yang melaksanakan kegiatan dan sosialisasi kesehatan di wilayah pun akan mendapat bantuan para camat, para lurah/kepala desa, pengurus dan anggota PKK, pengurus dan anggota dharma wanita, serta kader posyandu.

Sumber : https://dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini