75 Persen ODGJ sembuh Ditangani Puskesmas Balaraja

BALARAJA – Agar Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) benar-benar tersembuhkan, Petugas Pemegang Program Klinik Kesehatan Jiwa pada Puskesmas Balaraja terus melakukan pengawasan dan pengobatan kepada ODGJ pasca mereka dinyatakan sembuh.

Saat ini pasien ODGJ yang ditangani keberasilannya sudah mencapai 75 persen, yaitu mereka telah mencapai perubahan kesembuhan, papar Madroni, Pemegang Program Klinik Kesehatan Jiwa pada Puskesmas Balaraja, Selasa (27/2/2018).

Adapun pasien yang ditangani puskesmas saat ini sebanyak 20 orang. Bagi ODGJ yang sudah dapat disembuhkan tetap dipantau sebulan dua kali agar tak lagi kambuh.

Dijelaskan penanganan ODGJ terkategori banyak macamnya, ada yang bersifat Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) atau orang yang mempunyai rasa takut berlebihan, Posttraumatic Stress Disolder (PTSD) orang dengan gangguan mental, Sindrom Respons Stress (SRS) orang dengan gangguan penyesuaian, d.l.l.

Sementara penanganan pasien gangguan jiwa cukup berat yaitu pasien yang suka mengamuk dan dapat melukai dirinya dan orang lain, ungkap Madroni, akan dirujuk berobat ke RSJ Grogol.

Hasilnya, ada beberapa pasien yang dirujuk ke RSJ Grogol sudah pulang dan sudah dapat beraktifitas kembali di lingkungannya. “Namun mereka masih mendapat bantuan obat dan pengawasan dari para petugas puskesmas.”

 

Sumber  : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini