Tim Dinkes-Puskesmas Pasir Jaya Tangani Cepat Keracunan Massal

CIKUPA – Tim Dinas Kesehatan menggelar aksi cepat-tanggap mendampingi para petugas Puskesmas Pasir Jaya menangani kasus keracunan makanan melibatkan puluhan warga RT 02/RW 03 Desa Sukadamai, Kecamatan Cikupa, sesuai menyantap makanan hajatan pesta warga, Minggu (25/2/2018).

Penangan peristiwa mengejutkan  itu dilakukan tim dinkes bersama petugas Puskesmas Pasir Jaya sesaat ada laporan kasus keracunan makanan. Tim dari Seksi Survelans, Imunisasi dan Penanggulangan Krisis pada Dinas Kesehatan Kabupaten segera melakukan pendampingannya.

Keterangan diperoleh, para tamu undangan layaknya menghadiri acara pesta yang digelar warga, mereka pun menyantap makanan yang telah disajikan tuan rumah. Sajian yang tersedia di antaranya Nasi Putih, Keredok, Bihun, Daging Semur, Ikan Bandeng, Sayur Sop, Ayam Kecap, Bawan Teri, Sayur Nangka, dan Kerupuk.

Sesaat makan tamu undangan tak mengeluhkan apapun, namun selang 4-5 jam berikutnya, sesaat mereka tiba di rumah masing-masing, perut terasa melilit, buang-buang air besar, persendian lemas, dan kepala pusing.

Awalnya warga penderita menganggap hal itu sebagai  penyakit biasa, tetapi hingga keesokan harinya yaitu Senin (26/2/2018), kesakitan yang diderita terasa semakin menjadi-jadi. Maka keluarga penderita segera membawanya berobat ke beberapa RS, di antaranya RSB Permata Hati.

Terlihat banyak warga dengan penderitaan serupa berdatangan ke RS itu hingga membludak. Melihat kondisi ini, pengurus RT dan RW langsung melaporkannya ke pemerintahan desa dan kecamatan. Lalu pihak kecamatan melaporkannya kembali ke Petugas Puskesmas Pasir Jaya.

Kemudian, para petugas puskesmas dengan sigap meluncur ke lokasi dan melaporkan kondisi ini ke Dinas Kesehatan Kabuapten Tangerang. Tim Penanggulangan Krisis Dinkes Kabupaten Tangerang segera pula meluncur dan membuka posko penampungan di wilayah terdekat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tirmizi MARS, mengutarakan pada Senin itu pula semua pasien dapat langsung ditangani dengan bantuan beberapa rumah sakit terdekat.

Setelah didata, tercatat 22 warga mendapat perawatan di RSB Permata Hati, 16 warga dirawat di RS Hermina Bitung, 1 warga di RS Ciputra. Sementara yang lainnya ditangani Puskesmas Pasir Jaya di posko penampungan.

Kasus keracunan ini sendiri kini ditangani Tim Dinkes Kabupaten Tangerang dengan mengambil sampel makanan tersisa, hasil diagnosis, serta  bukti-bukti lainnya.

“Kejadian ini sudah termasuk kejadian luar biasa, oleh karena itu semua pasien akan mendapat penanganan administrasinya melalui Jamkesda,” pungkas dr Hendra Tirmizi MARS.

 

Sumber :  dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini