Setiap Tahun 400 Bumil Melahirkan di PONED Puskesmas Sukadiri

SUKADIRI – Sejak tahun 2015 PONED Puskemas Sukadiri telah mampu memberi layanan pesalinan kepada sedikitnya 400-an ibu melahirkan. Angka ini memberi bukti kesuksesan pembinaan, sosialisasi, dan pemanfaatan PONED bagi ibu hamil di wilayah pesisir Utara Kabupaten Tangerang. 

Kepala Puskesmas Sukadiri, dr Taufit Wirawan, Jumat (2/2/2018), mengakui pelayanan PONED di puskesmasnya kini telah menjadi salah-satu pencegahan kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir di wilayah binaan puskesmasnya.

“Sebelumnya warga di sini mendapat pelayanan melahirkan dari dukun beranak atau paraji, namun kini sudah tidak lagi…” ungkapnya.

Diakui sejak terbitnya Peraturan Kementrian Kesehatan RI yang menyatakan tidak lagi dibenarkan masyarakat melahirkan dibantu paraji, para petugas puskesmas dibantu kader kesehatan menggencarkan kunjungan dan pembinaan kepada paraji untuk tidak lagi membuka layanan membantu melahirkan.

Lalu, para ibu hamil bersama keluarganya pun diajak petugas puskesmas secara terus-menerus untuk mau datang ke puskesmas atau bidan dalam membantu mereka melahirkan.

Diakui dr Taufit Wirawan, walau awalnya sempat terseok-seok dalam melakukan pendekatan tetapi pihaknya tak undur-langkah. Sehingga di tahun 2015, akhirnya para petugas dan kader kesehatan Puskesmas Sukadiri mampu menjalin kemitraan dengan  paraji hingga kini.

“Kami merasa bangga kepada masyarakat yang telah memahami arti kesehatan persalinan…” katanya.

Selanjutnya, diharapkan ke depan masyarakat Sukadiri bisa menjadikan Puskesmas Sukadiri sebagai satu-satunya pusat rujukan pelayanan kesehatan di tingkat kecamatan. Semua ini akan berdampak pada penurunan angka kematian ibu melahirkan dan bayi baru lahir.

Harus diakui sukses PONED Puskemas Sukadiri, boleh dibilang bergulir dengan kerja-keras para petugasnya mengajak para ibu hamil bersama keluarganya dan masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas melahirkan yang telah disediakan itu.

Para petugas bersama kader kesehatan terus-menerus melakukan sosialisasi jaminan persalinan dan pembinaan kesehatan kepada ibu hamil di setiap bulannya di posyandu-posyandu. Bahkan beberapa posyandu telah membuka Kelas Ibu Hamil.

Kini adanya Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) Puskesmas Sukadiri sangat diminati. Berdasar data di setiap setahunnya sejak tahun 2015, layanan PONED bisa mencapai 400 pasien melahirkan, baik yang melahirkan normal maupun dirujuk.


Bagikan artikel ini