Desa Gelam Jaya Pasar Kemis Desa Hak Pilih Terbanyak 33 Ribu | Website Resmi Pemerintahan Kabupaten Tangerang

Desa Gelam Jaya Pasar Kemis Desa Hak Pilih Terbanyak 33 Ribu

TIGARAKSA,–Desa Gelam Jaya Kecamatan Pasar Kemis memiliki hak pilih paling banyak dibandingkan desa lain yang melaksanakan pemilihan kepala desa serentak. Hak pilih desa Gelam Jaya sebanyak 33 ribu, dan desa yang terdendah hak pilihnya adalah Desa Jambe Kecamatan Jambe hanya 3 ribu hak pilih.

“Dari 147 Desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa, Desa Gelam Jaya memiliki hak pilih tertinggi sebanyak 33 ribu hak pilih, dan Desa Jambe memiliki hak pilih terendah 3 ribu,” ujar Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tangerang Drs Aziz Gunawan, MM

Lanjut Aziz, Saat ini tahapan pelaksanaan Pilkades sudah memasuki tahapan pendaftaran calon Kades. Sedangkan masa kampanye akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2013,  puncak pesta demokrasi pemungutan suara Pilkades dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2013,dan pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 16-18 Juli 2013.

Berdasarkan laporan dari panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) tingkat desa, ada beberapa permasalahan  yang berkembang di lapangan, seperti adanya akte kelahiran tidak tercatat pada Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Tangerang, adanya kesepakatan para bakal calon untuk pelolosan ketahapan calon, domisili pemilih maupun pemilih sering ditafsirkan keberpihakan dan izajah paket yang tidak sesuai tahunya.

“Hal yang paling urgen ada beberapa kecamatan yang belum menyerahkan daftar bakal calon, bahkan ada satu desa di Kosambi, Sekretaris Desa diangkat menjadi Pejabat Sementara karena masih ada hubungan kerja dengan calon. Kendati demikian, kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi jalanya Pilkades.

“Kami harapkan pelaksanaan Pilkades ini berjalan sesuai harapan, tidak lagi ada permasalahan akte lahir, izajah atau yang lainnya. Panitia Pilkades akan bekerja dengan baik ,” kata Azis.

Ia lanjutkan, ada beberapa titik rawan Pilkades ini yang harus diantisipasi oleh panitia maupun pihak keamanan seperti mania politik, dan lainnya. Bagaimanpun juga Pilkades ini banyak melibatkan masa calon Kades.

Salah satu Panitia Pemilihan Kepala Desa (pilkades) Desa Pete Kecamatan Tigaraksa M Saleh mengatakan saat ini pendaftaran calon Kades sedang proses, untuk sementara calon yang daftar 5 orang, termasuk Kepala Desa lama. Jumlah keseluruhan anggaran Pilakdes Desa Pete sebesar Rp 200 juta, bila dibagi lima orang calon Kades masing-masing Rp 40 juta.

“Ini sudah persetujuan calon dan panitia Pilakdes Desa Pete, biaya ini untuk cetak kartu suara, tende TPS, surat panggilan DPS dan lainnya,” ujar M Saleh

Menurutnya, jumlah hak pilih Desa Pete sebanyak 8.471 ribu. Kemungkinan ini akan bertambah dikarenakan penambahan umur pemilih pemula.

Sampai saat ini permasalahan administrasi untuk lima calon yang sudah daftar di Pilkades tidak diketemukan semuanya sesuai aturan, dari izajah sampai akte kelahiran dilegalisir melalui dinas yang berwewenang.

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan sesuai dengan Perda No 7 tahun 2006 tentang Pilkades, dilaksanakan di RSU Tangerang, termasuk SKCK yang dikeluarkan oleh Polres Kota  Tangerang. Sehingga tidak ada dikatakan Palsu, semuanya asli,” ujar M Saleh.

Lanjut M Saleh, pria asal Ende Flores yang saat ini berdomisilir di Perumahaan Puri Permai Tigaraksa  menegaskan  bila mana lima pasangan calon Kades tidak menyetorkan uang pendaftaran pada tanggal 30 Mei 2013 sebagai batas akhir penyetoran hasil kesepakatan antara panitia dengan  calon Kades  Desa Pete, panitia akan mengambil tindakan pencoretan sebagai calon Kades artinya akan gugur sebagai calon Kades.  (Ab/Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 5 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)