Visi dan Misi Badan Pendapatan Daerah

Visi dan Misi

Dalam hal pencapaian suatu tujuan yang akan dicapai diperlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa dikatakan bahwa Visi dan Misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan.

 

Visi

Penetapan Visi sebagai bagian dari perencanaan strategi, merupakan satu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi karena dengan Visi tersebut akan dapat mencerminkan apa yang hendak dicapai oleh organisasi serta memberikan arah dan fokus strategis yang berorientasi terhadap masa depan pembangunan dan bahkan menjamin kesinambungan pelaksanaan tugas organisasi.

Visi yang ditetapkan mencerminkan gambaran peran dan kondisi yang ingin diwujudkan oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang dimasa depan. Berdasarkan makna tersebut dan sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Tangerang Tahun 2013 – 2018, maka Visi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2013 – 2018 adalah:

”OPTIMALISASI PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH YANG BERORIENTASI PELAYANAN PUBLIK”.  Diharapkan dengan terumuskannya Visi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang, maka dapat menjadi pedoman bagi seluruh unit kerja internal Badan untuk mewujudkannya. Atas dasar pertimbangan tersebut, selanjutnya disusun Misi sebagai pedoman bagi pelaksanaan Tugas dan Fungsi unit kerja internal di Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang.

Penjabaran Visi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Optimalisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah adalah upaya semaksimal mungkin yang terbaik atau menguntungkan dalam memanfaatkan dan menyerap peluang, potensi daerah serta partisipasi masyarakat dengan berpedoman kepada peraturan perundangan yang berlaku sehingga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah yang dapat direalisasikan secara optimal;
  2. Pelayanan Publik adalah upaya melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam pengelolaan Pendapatan Asli Daerah yang bertujuan untuk memberikan kepuasan terhadap Wajib Pajak, sehingga dapat meningkatkan motivasi kepada masyarakat atau Wajib Pajak untuk melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak.

 

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan dan diwujudkan agar tujuan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan Visi yang telah ditetapkan. Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi serta dilandasi oleh Visi, maka Misi Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang Tahun 2013 – 2018 adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah;
  2. Mengoptimalkan potensi sumber pajak daerah;
  3. Mengembangkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Organisasi.

Adapun penjabaran dari Misi tersebut adalah :

  1. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah adalah langkah-langkah atau upaya yang akan dilakukan guna peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tangerang baik dalam jangka pendek, jangka menengah atau jangka panjang melalui intensifikasi dan ekstensifikasi yang terukur dan berkualitas. Dengan meningkatnya Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tangerang diharapkan akan berdampak positif pada pembangunan yang akan dijalankan di Pemerintah Kabupaten Tangerang;
  2. Mengoptimalkan potensi sumber pajak daerah adalah upaya-upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil pajak daerah sehingga mampu mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah yang dapat digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah. Upaya-upaya tersebut diantaranya mengidentifikasi pembayar pajak baru/ potensial, mengidentifikasi jumlah pembayar pajak, memperbaiki basis data objek pajak, memperbaiki penilaian, menghitung kapasitas penerimaan dari setiap jenis pungutan, memperkuat proses pemungutan pajak daerah, meningkatkan pengawasan;
  3. Mengembangkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Organisasi yang dimaksud adalah upaya-upaya yang akan dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi Badan Pendapatan Daerah dalam memenuhi kewajiban untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan Misi organisasi.


Bagikan artikel ini